Suami dan Isteri Sibuk Dongkrak Kasus Cerai 2012

PERCERAIAN menjadi jalan akhir yang ditempuh ketika dua insan tak lagi sanggup memertahankan rumah tangga. Lantas, apa sebenarnya penyebab perceraian yang bakal terjadi tahun ini?

Sederet nama selebriti yang mengajukan gugatan cerai mewarnai tahun 2011. Sebut saja Julian Perez-Demian Perez, Puput Melati-Oddie, Bambang Trihatmodjo-Halimah, AA Gym-Teh Ninih, Sarah Sechan-Emir Hakim, Titi DJ-Ovy, serta beberapa nama lainnya.

Selain mereka yang kebetulan terekspos, kalangan non-publik figur pun tak jarang yang menempuh cara tersebut. Apalagi di era modern ini, perceraian bukan lagi menjadi sebuah hal tabu untuk ditempuh. Tak heran, jalan ini menjadi jalur pintas menuntaskan masalah dengan mengorbankan pernikahan yang telah mereka jalin.

Dengan keadaan tersebut, benarkah maraknya perceraian di 2011 akan kembali mewarnai 2012?

Psikolog Efnie Indriani mengatakan, bahwa untuk menunjukkan trafik tersebut memang dirinya sendiri belum memiliki riset soal itu.

“Untuk berbicara kenaikan tentu harus ada hitungan pasti dan saya belum ada data soal itu,” katanya kepada okezone lewat sambungan telepon, Selasa (17/1/2012).

Meski demikian, psikolog sekaligus Kepala Bidang Kajian Psikologi Perkembangan, Fakultas Psikologi Universitas Kristen Maranatha, Bandung, itu berusaha men-share dari para pasien-pasien yang datang padanya disebabkan dengan beberapa permasalahan klasik.

“Tiga penyebab teratas, di antaranya keuangan, adaptasi pernikahan, serta tingkat kesibukan suami dan istri,” paparnya.

Menilik dari penyebab yang sifatnya klasik tersebut, Efnie melihat bahwa tiga permasalahan utama yang menjadi penyebab perceraian di 2011 memang bukan tidak mungkin akan terus terulang.

“Di 2012, bukan berarti masalah tersebut akan hilang. Problem itu sifatnya long term. Kalaupun diselesaikan hal tersebut membutuhkan waktu. Kalau melihat kultur kehidupan di perkotaan seperti itu, maka permasalahan tersebut pun akan tetap muncul,” jelasnya.

Kehadiran masalah tersebut secara berulang, lanjut Efnie, memang dikarenakan hal tersebut merupakan masalah klasik.

“Permasalahan tersebut seperti circle yang akan terus ada dan balik kembali. Cepat atau lambat memang akan terselesaikan, tapi tentunya tergantung masing-masing pasangan dalam menyelesaikannya,” tutupnya. (tty/ lifestyle.okezone.com).

Tags: , , , ,

About smartetos

Succesfull Life with smart ethos and enthusiasm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: